AirAsia Punya Bos Baru, Geser Tony Fernandes?

AirAsia Punya Bos Baru, Geser Tony Fernandes?

Jakarta – AirAsia Group mengangkat pemimpin baru hari ini. Dia adalah Colin Currie yang ditunjuk sebagai Chief Commercial Officer (CCO). Dia ditugaskan untuk mengembangkan strategi yang berfokus pada konsumen berbasis data untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan pencapaian target keuangan semua bisnis maskapai dan unit digital yang dimiliki oleh AirAsia.

“Saya senang bisa bergabung dengan AirAsia Group untuk membantu menggerakkan kinerja brand dan penjualan, khususnya untuk lini baru bisnis digital, menggunakan pengalaman dan pengetahuan yang saya miliki,” katanya dalam konferensi pers virtual, Rabu (10/11/2021).

“Saya selalu memantau perkembangan AirAsia yang luar biasa, dan saya yakin bersama dengan timnya yang penuh semangat, kami dapat mempercepat dan memperkuat kesuksesan AirAsia sebagai perusahaan teknologi dan gaya hidup digital terkemuka di Asean. Ini adalah saat yang tepat untuk bergabung bersama AirAsia dimana revolusi sedang dimulai untuk menyambut era digital,” sambungnya.

AirAsia berkomitmen untuk meningkatkan daya saing pasar lini bisnis barunya, termasuk airasia Super App beserta layanan-layanan e-commerce-nya. Hal itu dibuktikan dengan keputusan untuk mendatangkan sosok berpengalaman.

Pucuk pimpinan tertinggi di AirAsia masih tetap dipegang oleh sang CEO AirAsia Group, Tony Fernandes.

“Kami sangat senang menyambut kedatangan Colin. Beliau membawa banyak pengalaman dari perusahaan global sebelumnya yang juga berfokus pada Asean. Kami berharap beliau dapat mendorong integrasi data dalam AirAsia Group untuk mempercepat pertumbuhan pendapatan dan menciptakan sinergi baru di projek-projek terbaru kami,” jelas Tony.

“Pengangkatan Colin ini menunjukan sikap AirAsia bahwa kita akan segera keluar dari COVID. Ini juga sebagai pembuktian terhadap brand kami, terlepas dari masalah yang ada, dengan bergabungnya orang-orang hebat dalam perjalanan kami kedepannya,” tuturnya.

Dia adalah mantan Managing Director Adidas Asia-Pasifik, yang mencakup pasar Tiongkok, Korea Selatan, Jepang, dan negara-negara Asia Tenggara serta Pasifik.

Atas jabatan di Adidas, dia bertanggung jawab menjadikan Adidas sebagai salah satu merek konsumen paling ternama di kawasan tersebut, meningkatkan pendapatan perusahaan lima kali lipat di pasar Tiongkok, dan menaikkan pangsa pasar dari posisi keempat menjadi pemimpin pasar dengan bersaing secara head-to-head.

Dia juga telah diakui atas perannya menyempurnakan model operasional brand serta mendorong pertumbuhan ke tingkat yang belum pernah tercapai sebelumnya.

Sebelum bergabung dengan Adidas, Currie berkecimpung di industri musik dan hiburan sebagai Managing Director Sony BMG Music Malaysia. Sebelum itu, Currie mengembangkan pengalaman pemasarannya di Hong Kong dan Australia dengan memegang posisi penting di bidang pemasaran di beberapa perusahaan seperti Citibank, Ansett Australia, dan Telstra Mobile.

Currie menerima gelar kehormatan Sarjana Manajemen Bisnis Perhotelan dari Universitas Leeds di Inggris. Dia juga memegang diploma pasca sarjana di bidang pemasaran dari Chartered Institute of Marketing Inggris.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: