Kode Alfabet dalam Penerbangan

Istilah dalam Penerbangan Perlu Diketahui

Dalam dunia penerbangan ada banyak istilah yang digunakan dan merupakan istilah baku. Kali ini kita bahas tentang kode alfabet dan kode maskapai Indonesia.

Pesawat merupakan moda transportasi yang kian lama mengalami peningkatan dalam jumlah penumpang tiap tahunnya. Tahun 2018 ini tercatat lebih dari 8,1 juta orang penumpang pesawat domestik.

Bisa dikatakan, naik pesawat itu aman, statistik kecelakaan termasuk minim dibanding moda transportasi darat lainnya, sehingga pesawat masih menjadi primadona penumpang khususnya yang ingin traveling secara cepat karena harga sekarang bisa jangkau.
Kode Alfabet Penerbangan

Dalam dunia penerbangan dan militer dikenal kode alfabet Berikut adalah 26 kode dalam alfabet fonetik internasional yang disesuaikan dengan 26 huruf alfabet Inggris dalam urutan abjad : Alfa, Bravo, Charlie, Delta, Echo, Foxtrot, Golf, Hotel, India, Juliett, Kilo, Lima, Mike, November, Oscar, Papa, Quebec, Romeo, Sierra, Tango, Uniform, Victor, Whiskey, X-ray, Yankee, Zulu.

Dalam dunia komunikasi lewat udara, pihak yang terlibat dalam pembicaraan sering menggunakan kata/bunyi yang diawali oleh huruf yang dilafalkan yang awalnya dipergunakan dalam komunikasi radio antar personil militer dan untuk dunia penerbangan. Secara resmi disebut sebagai international radiotelephony spelling alphabet.Kode-kode alfabet di atas dimaksudkan untuk mempermudah komunikasi dalam penerbangan.

Kode Maskapai Indonesia

Kode ini diatur oleh organisasi bernama IATA (International Air Transport Association) dan ICAO (International Civil Aviation Organization) yaitu sebuah asosiasi dan organisasi pengangkutan udara internasional yang mengatur seluruh maskapai penerbangan di dunia.

Kode maskapai di atas adalah milik maskapai domestik Indonesia, dimana menggunakan dua kode, yaitu kode domestik (depan) yang dikeluarkan oleh IATA, dan kode internasional (belakang) yang dikeluarkan oleh ICAO.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: